Selasa, 04 Oktober 2011

INILAH SAATNYA MERAUP UNTUNG DARI INTERNET

Seiring pertumbuhan pengguna internet di Indonesia, dunia ‘maya’ kini tidak lagi dianggap sebagai ladang informasi maupun hiburan, tetapi juga meraup keuntungan. Berdasarkan survei BuzzCity, perusahaan media seluler yang memiliki jaringan iklan internet mobile, blogger Indonesia dapat meraih keuntungan dari pertumbuhan konsumsi internet. Seperti apa?


Berdasarkan survei yang dilaksanakan oleh BuzzCity, 94% dari penduduk Indonesia yang disurvei menggunakan internet paling sedikit satu kali sehari, dan lebih dari setengah responden mengatakan mereka berselancar di internet paling sedikit enam kali sehari. Orang Indonesia juga menghabiskan waktu lebih banyak berselancar internet bila dibandingkan dengan responden dari banyak negara lain karena 54% dari responden mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu lebih dari satu jam tiap sesinya.

Pada masa kini, dimana jumlah telepon selular makin berkembang, para blogger Indonesia harus menangkap peluang dari kehadiran blog mereka. Saat ini, hanya sedikit orang yang tahu bagaimana menjadi aktif dalam dunia mobile blogosphere dan mendulang keuntungan melalui iklan-iklan mobile.

KF Lai, CEO BuzzCity, menjelaskan, “Apapun Anda, sebagai pemilik situs blog maupun pengembang aplikasi, ini waktunya untuk mulai mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan trafik ke blog. Satu pilihan yang tersedia adalah melalui pemasangan iklan mobile dari jaringan BuzzCity. Karena saat ini trafik internet makin banyak berasal dari perangkat mobile, para blogger perlu membangun versi wap dari situs blog mereka.” Fitur Mobilizer memungkinkan masyarakat mengubah blog atau situs menjadi sebuah situs mobile hidup tanpa memerlukan pemrograman lebih lanjut.

BuzzCity mengajak blogger untuk menjadi rekanan yang disebut sebagai ‘publisher’ dan BuzzCity menawarkan metode pendapatan PPC (Pay per Click) untuk setiap iklan banner grafik dan iklan teks yang ditampilkan pada situs publisher. Sebagai publisher BuzzCity, blogger akan menerima set koding untuk dipasang pada situs blog mobile mereka dan blogger bebas mengatur penempatan iklan tersebut. Blogger juga dapat memilih kategori pengiklan, menerima laporan mengenai jumlah pendapatan yang dihasilkan dari BuzzCity, serta menelusuri langsung pergerakan pendapatan mereka. Peluang yang sama juga tersedia untuk pengembang aplikasi dan blogger pemula.

Pada tahap awal sejarah internet di Indonesia, pelanggan umumnya berselancar dari rumah. Namun saat ini, orang menghabiskan lebih banyak waktu dalam perjalanan, misalnya dari rumah ke kantor maupun melakukan perjalanan ke luar kota, yang berarti mereka tidak dapat mengakses PC dan menjadikan perangkat selular satu-satunya cara mudah untuk mengakses internet. “Indonesia akan mengalami ledakan internet yang diakses via seluler dalam waktu dua tahun kedepan. Pada saat ini, Indonesia mempertahankan posisinya sebagai pasar kedua terbesar untuk iklan mobile. Bayangkan bagaimana keadaannya pada dua tahun mendatang,” kata KF Lai lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar